Searching. Please wait...
Tidak Ada Anak Yang Bodoh atau Pintar
Sabtu, 10 Mei 2014. Pada pukul 09:24:55 - Kategori Psikologi Anak


"Tidak ada anak yang bodoh atau pintar, yang ada adalah anak yang menonjol dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan" Apakah Kecerdasan Itu ? Kecerdasan bukanlah sesuatu yang bersifat tetap Ia bagaikan kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan Kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan suatu masalah; kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk dipecahkan; kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat (Howard Gardner) Multiple Intelligences Melalui pengenalan akan Multiple Intelligences, kita dapat mempelajari kekuatan / kelemahan anak dan memberikan mereka peluang untuk belajar melalui kelebihan-kelebihannya.Tujuan: anak memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dunia, bekerja dengan ketrampilan sendiri dan mengembangkan kemampuannya sendiri.

1. Kecerdasan Linguistik Mampu membaca, mengerti apa yang dibaca. Mampu mendengar dengan baik dan memberikan respons dalam suatu komunikasi verbal. Mampu menirukan suara, mempelajari bahasa asing, mampu membaca karya orang lain. Mampu menulis dan berbicara secara efektif. Tertarik pada karya jurnalism, berdebat, pandai menyampaikan cerita atau melakukan perbaikan pada karya tulis. Mampu belajar melalui pendengaran, bahan bacaan, tulisan dan melalui diskusi, ataupun debat. Peka terhadap arti kata, urutan, ritme dan intonasi kata yang diucapkan. Memiliki perbendaharaan kata yang luas, suka puisi, dan permainan kata. Profesi: pustakawan, editor, penerjemah, jurnalis, tenaga bantuan hukum, pengacara, sekretaris, guru bahasa, orator, pembawa acara di radio / TV, dan sebagainya.

2. Kecerdasan Logika - Matematika Mengenal dan mengerti konsep jumlah, waktu dan prinsip sebab-akibat. Mampu mengamati objek dan mengerti fungsi dari objek tersebut. Pandai dalam pemecahan masalah yang menuntut pemikiran logis. Menikmati pekerjaan yang berhubungan dengan kalkulus, pemograman komputer, metode riset. Berpikir secara matematis dengan mengumpulkan bukti-bukti, membuat hipotesis, merumuskan dan membangun argumentasi kuat. Tertarik dengan karir di bidang teknologi, mesin, teknik, akuntansi, dan hukum. Menggunakan simbol-simbol abstrak untuk menjelaskan konsep dan objek yang konkret. Profesi: auditor, akuntan, ilmuwan, ahli statistik, analisis / programer komputer, ahli ekonomi, teknisi, guru IPA / Fisika, dan sebagainya.

3. Kecerdasan Intrapersonal Mengenal emosi diri sendiri dan orang lain, serta mampu menyalurkan pikiran dan perasaan. Termotivasi dalam mengejar tujuan hidup. Mampu bekerja mandiri, mengembangkan kemampuan belajar yang berkelanjutan dan mau meningkatkan diri. Mengembangkan konsep diri dengan baik. Tertarik sebagai konselor, pelatih, filsuf, psikolog atau di jalur spiritual. Tertarik pada arti hidup, tujuan hidup dan relevansinya dengan keadaaan saat ini. Mampu menyelami / mengerti kerumitan dan kondisi manusia. Profesi: ahli psikologi, ulama, ahli terapi, konselor, ahli teknologi, perencana program, pengusaha, dan sebagainya.

4. Kecerdasan Interpersonal Memiliki interaksi yang baik dengan orang lain, pandai menjalin hubungan sosial. Mampu merasakan perasaan, pikiran, tingkah laku, dan harapan orang lain. Memiliki kemampuan untuk memahami orang lain dan berkomunikasi dengan efektif, baik secara verbal maupun non-verbal. Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kelompok yang berbeda, mampu menerima umpan balik yang disampaikan orang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Mampu berempati dan mau mengerti orang lain. Mau melihat sudut pandang orang lain. Menciptakan dan mempertahankan sinergi. Profesi: administrator, manager, kepala sekolah, pekerja bagian personalia / humas, penengah, ahli sosiologi, ahli antropologi, ahli psikologi, tenaga penjualan, direktur sosial, CEO, dan sebagainya.

5. Kecerdasan Musikal Menyukai banyak jenis alat musik dan selalu tertarik untuk memainkan alat...



Hal 1 dari 2 | 1 2 Selanjutnya



Kategori Berita
Nilai tertinggi Siswa
Dimas adi andrea 1
Arya adi pramesta 2
Arif budiman 3
Guru Piket
Dimas adi andrea 1
Arya adi pramesta 2
Arif budiman 3
Psikologi Dokter Jaga
Dimas adi andrea 1
Arya adi pramesta 2
Arif budiman 3