Searching. Please wait...
Minggu, 18 Mei 2014. Pada pukul 22:16:11 - Kategori Manajemen Otak

http://danekentfitness.com/

Kesibukan serta tekanan pekerjaan yang luar biasa membuat banyak orang mengkesampingkan kesehatan Otak. Otak yang sehat akan berdampak baik untuk aktivitas sehari-hari.  

Agar kita dapat meningkatkan daya ingat, kita harus memilih makanan yang baik untuk otak dan hal itu dapat meningkatkan kekuatan otak serta sistem syaraf.

Banyak kajian yang menyatakan bahwa pemilihan makanan yang tepat dapat meningkatkan kekuatan otak hingga 50%.  

Untuk asupan otak dari makanan alami pun bisa didapat, diantaranya:    

1. Kafein.  Kafein pada Kopi (dewasa) dan coklat (untuk anak) akan sangat bermanfaat jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Kafein yang terkandung didalam kopi ataupun coklat bisa membantu Anda dan putra-putri berkonsentrasi dan fokus. Otak akan berada dalam posisi 'terjaga' setelah meminumnya.  

2. Gula (Glukosa) Meningkatkan Waspada. Gula yang dimaksud bukanlah gula yang biasa ditambahkan kedalam minuman atau makanan, melainkan glukosa yang di dapat dari makanan.

Glukosa adalah gula yang berasal dari karbohidrat ataupun buah-buahan. Makanan manis ini bisa memicu memori jangka pendek dan proses berpikir spontan Anda.  

3. Sarapan sebagai Bahan Bakar Otak.  Sering melewatkan sarapan? Mulai rubah kebiasaan itu. Sarapan dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek dan juga membuat Anda dalam keadaan fokus. Pastikan anak Anda tidak pernah melewatkan sarapan meskipun hanya setangkup roti dan segelas susu. Agar si kecil fokus saat belajar di sekolah.

Sarapan tidak perlu banyak namun sebaiknya mengandung protein yang cukup.  

4. Ikan.  Ikan merupakan sumber protein hewani yang paling tinggi. Ikan jenis salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3, yang penting untuk proses pertumbuhan dan melindungi perkembangan otak.

Asam lemak omega-3 juga menurunkan resiko terkena dementia dan penurunan mental. Mengkonsumsi banyak ikan sejak kecil mengurangi resiko kepikunan di usia lanjut  

5. Kacang dan Cokelat Konsumsi sedikit cokelat dan kacang setiap hari sangat dianjurkan. Karena bisa memenuhi kebutuhan vitamin Eserta antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin E yang cukup bisa mencegah terjadinya penurunan kognitif yang berkaitan dengan bertambahnya usia.  

6. Blueberry. Blueberry mampu melindungi otakdari stres oksidatif dan mengurangi efek dari kondisi yang berkaitan dengan penyakit usia seperti Alzheimer dan juga dementia.  

Makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya tidak akan maksimal jika pola hidup yang diterapkan tidak diatur dengan baik.

Waktu tidur yang cukup akan memberikan waktu yang cukup bagi otak untuk beristirahat agar siap memulai aktivitas esok hari. Dan olah raga yang teratur bisa membuat Anda lebih rileks dan suplai oksigen ke otak pun akan baik.  

Sumber : Dari berbagai...



Hal 1 dari 2 | 1 2 Selanjutnya


Lihat Flash lainnya...
Kategori Berita

Nilai Siswa Tertinggi
Deden Hendra Permana 670
biru bestira 50
Rova 40
Guru Piket SDO
Guru SDO 343
Psikologi/Dokter Jaga
Dimas adi andrea 1
Arya adi pramesta 2
Arif budiman 3


Murid
Guru
Orangtua